PENGERTIAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT

Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah. Definisi ini berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informaatika Nomor 8 Tahun 2010. Singkatnya KIM adalah kelompok masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat secara swadaya.


Tujuan Pembentukan KIM Desa

KIM Desa/Kelurahan dibentuk bukan hanya untuk bertukar informasi tetapi juga merupakan simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat khususnya masyarakat di daerah pedesaan/Kelurahanyang juga berperan sebagai penyebar informasi kepada masyarakat. Upaya untuk mengakses informasi seputar pembangunan juga dilakukan sesuai dengan kemampuan mereka agar memiliki manfaat dan bisa dirasakan oleh para anggotanya.
KIM Desa/Kelurahan dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan, kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat khususnya masyarakat di daerah pedesaan dalam berparitipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.


Keanggotaan KIM Desa

Setidaknya dibutuhkan tiga orang untuk bisa membentuk KIMDesa/Kelurahan. Jumlah Pendiri KIM ini bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pendiri dalam mengelola para anggotanya. Anggota KIM Desa/Kelurahan juga tidak dibatasi. Bisa berasal dari berbagai kelompok usia serta tidak membedakan jenis kelamin. Anggota KIM Desa/Kelurahan juga bisa datang dari aneka profesi atau pekerjaan. Yang terpenting semua angota harus berpadu dan punya tujuan bersama dalam mendayagunakan informasi sebagai sarana mendapatkan solusi atas persoalan yang dihadapi.