Virus Corona, Gejala dan Pencegahannya

Virus Corona 01

Penyakit virus corona (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh varian dari virus corona yang baru saja ditemukan.

Kebanyakan orang yang terinfeksi oleh virus COVID-19 akan mengalami gejala penyakit pernafasan ringan sampai sedang dan pulih tanpa memerlukan perlakuan khusus. Orang tua, dan mereka dengan riwayat medis yang mendasari seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan kronis, dan kanker lebih mungkin untuk menjadikan penyakit ini lebih serius.

Cara terbaik untuk mencegah dan memperlambat transmisi adalah informasi yang baik tentang virus COVID-19 ini, penyakit itu menyebabkan dan bagaimana menyebar. Lindungi diri Anda dan orang lain dari infeksi dengan mencuci tangan Anda atau sering menggosok menggunakan cairan yang mengandung alkohol serta tidak menyentuh wajah Anda.

Virus covid-19 menyebar terutama melalui tetesan air liur atau debit dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, jadi penting bahwa Anda juga berlatih Etiket pernapasan (misalnya, dengan batuk ke siku tertekuk). Pada saat ini, tidak ada vaksin khusus atau perawatan untuk COVID-19. Namun, ada banyak uji klinis yang sedang berlangsung mengevaluasi potensi perawatan. WHO akan terus memberikan informasi terbaru segera setelah temuan klinis menjadi tersedia.

Gejala

COVID-19 virus mempengaruhi orang yang berbeda dengan cara yang berbeda. COVID-19 adalah penyakit pernapasan dan orang yang paling terinfeksi akan mengembangkan gejala ringan sampai sedang dan pulih tanpa memerlukan perlakuan khusus. Orang yang memiliki kondisi medis yang mendasari dan mereka yang berusia di atas 60 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit parah dan kematian. Gejala umum termasuk:

  1. Demam
  2. Kelelahan
  3. batuk kering.
  1. Gejala lain termasuk:
  2. sesak napas
  3. sakit dan nyeri
  4. sakit tenggorokan
  5. dan sangat sedikit orang akan melaporkan diare, mual atau pilek.

Orang dengan gejala ringan yang dinyatakan sehat harus mengisolasi diri dan menghubungi penyedia medis mereka atau garis informasi COVID-19 untuk saran tentang pengujian dan rujukan. Orang dengan demam, batuk atau kesulitan bernapas harus memanggil dokter mereka dan mencari perhatian medis.

Pencegahan Virus Corona

  1. Untuk mencegah infeksi dan untuk memperlambat transmisi COVID-19, lakukan hal berikut:
  2. Cuci tangan Anda secara teratur dengan sabun dan air, atau membersihkannya dengan menggosok tangan berbasis alkohol.
  3. Jaga jarak sekurangnya 1 meter antara Anda dan orang batuk atau bersin. Hindari menyentuh wajah Anda.
  4. Tutupi mulut dan hidung Anda saat batuk atau bersin. Tinggal di rumah jika Anda merasa tidak sehat.
  5. Menahan diri dari merokok dan kegiatan lain yang melemahkan paru. Berusaha menghindari perjalanan yang tidak perlu dan menjauh dari kerumunan massa.

Sumber : WHO

Apakah informasi ini bermanfaat ?

Tekan tombol dibawah untuk membagikan, terima kasih :)

0
Shares